Cara Installasi LAMP (Linux Apache MySQL PHP) di OpenSUSE 13.2


Linux

Sistem operasi Linux menyediakan platform untuk operasi yang aman dan terpercaya dari server web. Akses ke sistem file diatur oleh hak akses file dan ditegakkan oleh sistem operasi.

Apache

Apache menerima permintaan HTTP dan menafsirkan isi. Sebagai contoh, Apache akan menentukan apakah ekstensi file telah pasokan sebagai bagian dari Permintaan. Jika demikian itu akan menentukan apakah sumber daya yang diminta adalah item statis, misalnya sebuah halaman web sederhana yang disimpan sebagai file HTML, atau apakah objek yang diminta berhubungan dengan aplikasi, misalnya PHP file. Tergantung pada kompleksitas dari item yang diminta, Apache mungkin diperlukan untuk menemukan dan menanggapi dengan sejumlah sumber daya, misalnya file HTML dasar, file CSS, Javascript, gambar dan media lain seperti file audio MP3 dari file video SWF. Apache menentukan di mana untuk menemukan konten berdasarkan jalur yang ditetapkan dalam Permintaan HTTP dan path file tersebut diidentifikasi dalam konten HTML.

MySQL

Biasanya sebuah website PHP juga akan menggunakan database MySQL untuk menyimpan informasi konten dan konfigurasi. Interaksi antara webserver Apache dan database MySQL ditangani oleh PHP.

PHP

Salah satu bahasa scripting yang paling populer adalah PHP dan ada berbagai macam aplikasi yang tersedia termasuk sistem manajemen konten (CMS) seperti Joomla, forum, papan buletin, shopping cart, dll.
Untuk situs yang dinamis, server web Apache dikonfigurasi untuk mengenali kapan script perlu dijalankan, ini dapat melalui kombinasi ekstensi file dan pengaturan default. Misalnya, jika halaman rumah website diminta dan server telah terinstal PHP, Apache akan mencari file index.php di direktori root jika tidak ada file index.html di direktori root website. Ini adalah mekanisme yang digunakan untuk memulai aplikasi seperti Joomla! Script PHP akan digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi dan untuk membuat layout halaman HTML untuk pengiriman kembali ke browser pengguna oleh server web Apache.

Apakah sudah mengerti dengan semua penjelasan diatas kawan-kawan??? saya anggap sudah yaa, kalau ada belum paham silahkan googling sendiri :D

Kali ini saya akan membagikan Tutorial mengenai cara Installasi LAMP Server pada Opensuse

Pertama, pastikan IP telah dikonfigurasi, saya menggunakan IP 12.12.12.1/28

Dan kemudian agar lebih mudah, pastikkan DNS telah dibuat juga agar kita tidak perlu repot-repot mengingat setiap alamat menggunakan IP Address, kalau cuma satu sihh gapapa, tapi kalu banyak kan repot, untuk lebih jelas nya lihat postingan saya ini >>> Konfigurasi DNS Opensuse mode CLI atau yang ini Konfigurasi DNS menggunakan Yast Opensuse

Yaa langsung saja berikut langkah-langkah Installasi LAMP

Pertama, buka Yast > Software > Software Management

pada kolom search, ketikkan Apache2 dan LAMP







Maka akan muncul paket-paket pilihan, Ceklis semuanya, kemudian Klik Accept, maka tampilan Installasi akan berjalan









Jika Installasi selesai, akan ada pemberitahuan, kemudian Klik Finish

Lalu kita buka Yast > System > Service Manager

Cari paket bernama Apache dan MySQL, kemudian Enable kan dan Aktifkan









Jika sudah, sekarang kita uji coba di Browser, ketikkan pada Address Bar http://rizky.org/

Maka akan muncul tampilan seperti berikut









Sekarang kita cek juga apakah PHP nya telah Terinstall dengan sempurna atau belum, buat file bernama testphp.php dalam direktory htdocs yang berada dalam www dan berada dalam folder /srv, hadeuuhh ribet yaaa :D

vi /srv/www/htdocs/testphp.php


Masukkan kode PHP berikut

<?php
phpinfo();
?>


Kemudian save yaa, jangan di delete :D

Kita buka Browser lagi, ketikkan pada Address Bar http://rizky.org/testphp.php

Maka akan muncul tampilan berikut








Sekarang kita Install juga PHPMyAdmin nya sebagai Control terhadap Database MySQL nya, pastikkan Komputer anda terkoneksi dengan Internet.

Ketikkan perintah berikut pada Terminal

zypper in phpMyAdmin


Tunggu hingga proses Installasi selesai.

Sekarang kita buat dulu Password untuk MySQL nya, secara defaultnya tidak ada Password, namun untuk alasan keamanan, kita diwajibkan memberi Password.

Ketikkan perintah berikut pada Terminal

mysqladmin -u root password passwordkamu


contoh

mysqladmin -u root password judfbhhcu3ju6bf


Sekarang kita buka Browser lagi, ketikkan pada Address Bar http://rizky.org/phpMyAdmin

Maka akan muncul tampilan login seperti berikut



Masukkan username root dan password tadi yang telah dibuat, kemudian login

Maka akan muncul tampilan seperti ini



Sekarang kita sudah membuat Web Server sendiri, dan untuk menaruh Web-Web Developer, silahkan di upload ke folder /srv/www/htdocs/

Demikianlah Tutorial yang dapat saya berikan

Artikel Terkait

Cara Installasi LAMP (Linux Apache MySQL PHP) di OpenSUSE 13.2
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email